Sabtu, 12 Oktober 2013

Our Holiday

Yeee akhirnya jadi juga LIBURAN, sengaja di capslock buat menegaskan kalo terlaksana juga liburannya haha. Tanggal 28 Februari kemarin jadi juga gw sama pacar berlibur ke Bali. 2 hari sebelumnya gw ngajuin cuti ke bos gw alhamdulilah lancaaar pas izin cuti dan langsung disetujuin gak pake banyak cingcong juga. Gak kebayang kalo seandainya kejadian itu terjadi dan gw masih di kantor yang lama, pasti bos gw kepo :P. Bukan asal ngomong loh ini, doi tuh hobinya pengen tau banget. Oke langsung aja cerita ke Balinya ya, kita flight jam 6 pagi, yaya harusnya. Tapi kenyataannya baru bisa flight jam 7, dan sampe di Bali jam 9.30 WITA deh kalo gak salah, nah di Bali beda 1 jam gitu sama Jakarta. Kesan pertama ketika mendarat di Bali, wiiih panaaasss, panasnya ngelebihin Jakarta loh. Kondisi bandara masih direnovasi ngejar penyelesaian bangunan untuk nyamput APEC, katanya sih gitu. Bandaranya jauh-jauh lebih enak Soekarno Hatta deh, walaupun mereka sama-sama Bandara Internasional, Soetta jauh lebih teratur dan nyaman.
Sebelum keluar dari bandara gw nyempetin dulu ke toilet buat pake sunblock, maklum namanya juga cewe hihi. Begitu keluar kita langsung dijemput sama driver, yang sampe sekarang gw juga gak tau nama sebenernya siapa, gw sih dengernya Andre pas lagi kenalan. Abis dijemput kita main dulu nih ke pantai Kuta, ya siapa sih yang gak pernah denger nama pantai Kuta? Terkenal banget kan itu. Begitu sampe disana gw sih masih biasa aja belum mengagumi, ya karena emang menurut gw pantainya biasa aja, cuma airnya emang biru bening gak seperti pantai Ancol.
Cuma entah kenapa pantai Kuta rasanya gak sesuai sama imajinasi gw, entah gw yang terlalu tinggi ngebayanginnya kali ya?. Main di Kuta cukup sebentar aja soalnya itu siang bolong, terus muncul deh laper. Akhirnya gw usulin kita coba nasi tempong, gw dapet recommend dari temen kantor yang dulu pernah ke Bali dan dia bilang itu enak, terus dianterin deh kita ke nasi tempong Indra, katanya sih ini nasi tempong ter-enak di Bali. Gw pesen menu bebek goreng, taraaaa datenglah si bebek ke meja. Dari penampakannya sih gak ada yang beda sama pecel ayam/bebek ya, cuma ukuran bebeknya gak nahan gede banget. Nasi putihnya sama rasanya seperti nasi putih umumnya, nah disini lalapannya itu bayam rebus, mentimun, sama terong rebus, aneh gak sih kok terong ya yang dijadiin lalapan? Buat gw sih aneh, cuma gak gw makan karena gak doyan juga. Naah yang bikin nagih dari nasi tempong itu ternyata sambelnya pedesnya juara, gak boong deh. Nah ada satu lagi apapun menu makanannya bakal disajikan ikan asin goreng, kesimpulan gw sih ikan asin ini ditujukan untuk ngilangin rasa pedes di lidah karena ikannya asin banget *namanya aja ikan asin ya* haha. 1 porsi nasi tempong sekitar 20ribuan.
Setelah kenyang baru deh kita ke hotel, letaknya di sekitar Kuta, Hotelnya gaya minimalis dan desain interiornya bagus. Begitu sampe kamar gak lama gw dapet telfon untuk dating ke tempat spa, karena service-nya itu setiap tamu hotel dapet spa bali gratis lumayaaan banget kan, langsung deh capcus. Sorenya kita main lagi ke pantai Kuta, pengen liat sunset di Kuta, eh ternyata kita gak dapet moment itu karena cuaca lagi berawan, gagal deh misinya. Nah saat itu cuaca di bali lagi berangin, anginnya kenceng banget gak boong, bahkan ada kejadian kocak. Gw kan pake topi nah itu emang agak longgar, pas kena angin topi gw jatoh. Gw langsung sigap buat ngambil topi, ternyata anginnya mau bercanda sama gw, pas topi udah mau ditangkep eh anginnya nerbangin jadi makin jauh jauh dan jauh udah kayak sitcom deh saat itu, pacar gw aja sampe ketawa-tawa Selesai dari kuta kita jalan kaki berdua ke Legian, pengen liat suasana disana kayak apa, nah disini ada cerita lucu hehe. Kita berdua jalan di Legian lumayan jauh juga, jam 7 berasa jam 6 sih. Kita berdua pulang pengen jalan kaki Cuma gak mau balik lagi ke Kuta pengen dari Legian biar gak muter balik. Niatnya sih biar gak cape jalan jauh, Cuma ternyata kita berdua nyasar ahaha alhasil jalannya malah makin jauh, kita bisa nyasar karna GPS yang dipake mati mendadak karna HPnya lowbeeet. Selama dijalan ya coba aja menikmati main tebak-tebakan ala kecret-kocrot haha. Pas dibelokan mau hampir sampe hotel kita baru nemu Masjid besar dan beberapa laki-laki pake baju koko yang tampaknya abis solat berjamaah, abis solat magrib atau isya gak tau deh soalnya disini adzan gak pernah kedengeran, sekalinya denger adzan itu adzan buat orang bali sembahyang hehe.
Besok hari kita mulai start keluar jam 1, lumayan banget dapet 4 tempat yang dikunjungin. GWK Cuma keliling dan foto, lanjut pantai padang-padang dan pastinya foto-foto lagi haha. Buat masuk ke pantai ini kita harus berjuang dulu buat lewat semacem gua, lebih tepatnya itu ada 2 buat batu saling berhimpit dan kita mesti lewatin jalan dibawahnya, ada tangga yang cuma muat 1,3 orang dewasa, jadi jalannya gantian antara yang masuk dan keluar. Pas masuk sih turunan, pas keluar dari pantai kita harus naik tangga yang berasa olahraga. Pantai padang-padang mengobati akan kerinduan suasana pantai, mungkin karena diawal ketemunya Kuta dan gak sesuai sama harapan gw. Disini pantainya bersih biru bergradasi, banyak bule juga berjemur, main surfing, dan ada bebatuan. Cuma kita gak mengeksplor bagian yang full bebatuan karena gak pake sandal, dan keliatannya juga batu-batuannya cukup tajem. Bener-bener ya pantai disini biruuuu dan bersih. Next destination is bluepoint beach, letaknya masih satu jalur sama padang-padang, begitu sampe lokasi pasti gak ngira kalo ada pantai karena letaknya cukup tersembunyi, kita mesti menuruni tangga dulu dan agak belok-belok yang dihiasi oleh toko souvenir, agak mirisnya ya disini toko yang buka cuma sedikit dan sisanya tutup kayak gak keurus, asumsinya sih gak laku. Setelah sampe ujung toko kita ketemu sama tangga dan batu lagi, kita turun tangga yang agak curam, itu bagaikan pantai dibawah lubang batu ya. Jadi kita langsung ketemu pantai yang agak luas diatasnya batu yang cekung bagaikan langit-langitnya, disiniiii baguuuuss banget pantainya. Jalan sedikit kita akan nemu pemandangan bebatuan yang keren. Pantainya bersih dan gak rame banget. Enak deh pokonya. Abis dari pantai kita cari makan, ke Jimbaran. Di Jimbaran terkenal akan view pantainya jadi makan dan pemandangan di depan mata pantai yang menghampar luas, sore pula jadi bisa sambil liat sunset. Kita dikasih recommend tempat makan yang murah dan enak, ikan bakarnya enak, cumi gorengnya juga enak dan banyak, sempet nyobain sambel Bali dan ternyata gak cocok karena ramuannya da bawang mentahnya hahaha. Akhirnya ya akhirnya bisa dinner juga di Jimbaran yang asli bukan di Resto Jimbaran Ancol seperti yang udah pernah hehe. Makan disitu habis 400 ribu ya standard lah itungannya ya namanya juga tempat wisata pasti mahal. Disitu kita ngeliatin orang yang lagi pre-wed sambil nunggu sunset, akhirnya kebayar juga bisa liat sunset di Bali walapun sebentar. Sebelum balik ke hotel kita coba lewatin Legian lagi karena masih penasaran kayak apa sih suasana malem disana serame apa.

Hari berikutnya kita ke Tanjung Benoa konon katanya kalo mau coba watersport di Bali disini lah tempatnya. Disini ada kejadian lucu nan memalukan buat gw, pas snorkling gw bawaannya panik jadi begitu nyebur ke air ngerasa gak dapet napas gw langsung panik sepaniknya haha. Alhasil gw minum air laut yang asin banget jadi mual, bahkan gw sempet muntah. Jadi cuma si pacar aja yang snorkling sebentar karena arusnya juga agak gede. Lanjut deh ke Pulau Penyu, agak mirip lah sama Pulau Tidung ya kalo inget penyu. Disini ya wisatanya cuma bisa foto-foto aja, jujur sih biasa aja mungking karena gw udah pernah ke penangkaran penyu di Pulau Tidung. Bedanya itu disini ada penyu yang besaar dan udah berusia 50 tahun. Kesimpulan gw Turtle Island yaa cuma biasa aja deh. Selesai dari Tanjung Benoa kita diajakin ke Nusa Dua, masuk ke kawasan ini kita bisa bikin argument kalo kawasan ini tuh privat, bisa keliatan dari hotel atau cottage yang ada. Kawasannya asri banyak pepohonan. Ke Nusa Dua itu untuk liat satu tempat yang namanya water blow. Menuju ke water blow masuk dulu nih ke tempat semacem taman gitu yang ada jalan setapaknya jadi tinggal ikutin jalan aja, disini gak banyak pengunjung alias sepiii. Setelah jalan beberapa meter ada pantai warnanya biru beniiing banget dan ada beberapa bule yang berenang, kayaknya sih mereka itu yang nginep di hotel atau cottage disini. Hotel disini terkesan privat dimana halaman belakang hotel di desain langsung pantai gitu. Keren deh pantainya, kalo gw sih gak sempet main-main di pantai cuma basahin kaki aja karena panas banget hehe. Kalo si pacar dia malah sempet berenang. Abis puas main di pantai kita lanjut jalan kaki, dibilang jauh ya gak, dibilang deket juga gak. Selama jalan ini tempat menurut gw agak tertutup maksudnya belom banyak yang tahu *sotoy mode on* abisnya pengunjungnya bisa diitung pake jari, beda banget sama tempat wisata yang udah kita kunjungin di Bali. Dan akhirnya sampe juga di water blow, ada gapura gitu di atasnya ada tulisan water blow, gw sempet foto juga. Nah disini itu panasnya bukan main, tapi itu semua kebayar banget-banget sama pemandangan yang keren. Dari gapura sampe ke spotnya itu ada jalanan yang dibuat dari kayu, terus ada pager juga kita bisa berdiri disana sambil nikmatin pemandangan air yang terhempas ke batu karang berkali-kali, dan airnya berubah jadi butiran-butiran gitu warnanya putih kayak soda gitu bagus banget deh pokoknya. Kita berdua nungguin sampe airnya itu bisa tinggi, tapi belom beruntung nih pas mau difoto dan airnya sebagai background entah mengapa dia gak pernah tinggi, tapi pas kita nonton aja itu bisa tinggi loh airnya. Ya anggep aja pertanda kita disuruh balik lagi kesana liburan hihi. Karena perut udah minta diisi lanjut deh makan siang, pengen coba ayam betutu, tapi akhirnya gak jadi dan kita makan nasi pedas Bu Andika, ini nasi pedas paling enak katanya. Piringanya itu terbuat dari kayu-kayuan yang atasnya dikasih kertas nasi.. Dari penampakannya sih makanan ini gak ada bedanya sama makanan biasanya yang ada di Jakarta. Kita pilih sendiri lauknya ada udang, ayam goreng pedas, abon, urab, tempe, usus, dll. Harga seporsi 20ribuan tergantung dari jumlah lauk yang dipilih. Sambelnya juara banget pedesnya, cocok deh dikasih nama nasi pedas.
Abis kenyang terbitlah ngantuk haha, emang iya sih selama perjalanan ke pasar Sukowati kita bedua tidur, baru kali ini loh kita tidur selama perjalanan kemana-mana. Pas Sampe ternyata pasar Sukowati gerimis, tapi itu gak akan menyurutkan untuk cari oleh-oleh sih haha. Yang dibeli itu kain bali, celana, kaos, gelang, kalung, dll. Okay belanja udah selesai dan masih gerimis juga. Pas ngeliat belanjaan loh kok barang semua yah gak ada makanannya?. Lanjut lah kita ke Krisna took oleh-oleh yang terkenal di Bali, disana beli pie susu, kacang disco, itu makanan yang terkenal di Bali. Gw sempet liat-liat juga gelang, kalung harganya juga jauh lebih murah ketimbang di pasar seni Sukowati.

Oke guys perjalanan kita sudah berakhir di Bali, karena keesokan harinya kita mau istirahat aja, ya pagi Cuma berenang aja sih di hotel sama packing buat pulang ke Jakarta. Apaaa JAKARTA? Gak santai banget yah ngetiknya, Cuma ya emang gitu perasaan yang gw alamin bawaannya tuh males pulang haha. Cuma ya apa mau dikata kenyataannya emang kita harus balik ke Jakarta kembali ke rutinitas biasanya, kembali ngantor, kena macet, dll. Bahkan di hari pertama gw kerja gw merasakan yang namanya supeeerrr males, masih kebayang di Bali, kebayang gimana enaknya disana berasa menikmati hidup tanpa macet..hehe I LOVE YOU BALI AND I ALWAYS LOVE YOU MY SUPERMAN J